Sejarah Singkat

LATAR BELAKANG DAN SEJARAH SINGKAT
SMEA Muhammadiyah Ajibarang berdiri dari bulan Januari 1969, gagasan mendirikan SLTA di Ajibarang, karena pada saat itu belum ada satupun SLTA baik negeri maupun swasta. Gagasan tersebut berasal dari Cabang Muhammadiyah Ajibarang bagian pengajaran semula akan didirikan SMA tapi oleh Bapak Drs. Sukhaemi, Kepala SMEA Negeri Purwokerto disarankan agar mendirikan SMEA saja, sehubungan Ajibarang adalah kota yang cukup potensial dalam ekonomi perdagangan. Saran dari Bapak Drs. Sukhaemi dilaksanakan. Demikianlah SMEA Muhammadiyah berdiri, dan dalam perjalanannya hingga sekarang, SMEA Muhammadiyah berdiri.
Kiprah pendiri dan para pendidik (guru) dalam mempertahankan keberadaan SMEA Muhammadiyah, dalam mengembankan serta memodernisasi, maka sejarah SMEA dibagi menjadi empat periode.
1. Periode mendirikan dan mempertahankan diri (Building and defend self period)
2. Periode tetap hidup (surviving period)
3. Periode pengembangan (Development Period)
4. Periode pengembangan dan modernisasi (Development and Modernize Period)
Semenjak berdiri Januari 1969 sampai dengan tahun 2010 SMEA Muhammadiyah Ajibarang dipimpin oleh 5 (lima) orang kepala sekolah dengan seorang full timer dan 6 orang wakil kepala sekolah. Masing — masing kepala sekolah dan wakil kepala sekolah memiliki karakter dan andil yang amat berharga dalam mendirikan dan mempertahankan, serta mengembangkan dan memodernisasi SMEA Muhammadiyah Ajibarang hingga kita dapat melihat SMEA Muhammadiyah (SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang) sekarang ini.